penjelasan singkat:
1.varible adalah tempat penampungan data yg bersifat sementara dan dapat diubah nilai didalamnya
2.varible memiliki tipe data yg menentukan jenis data yg boleh diinputkan
3.jenis tipedata:
4.tryparse adalah cara menconvert tipe data ke tipe data numerik
5.tryparse biasa dimanfaatkan saat kita menginputkan data dari keyboard karena inputan dari keyboard awalnya dianggap sebagai string karena itu digunakan tryparse untuk menconvernya
nah sekarang kita akan mempraktikan tryparse di sebuah program:
tampilan nantinya:
how to make it:
part1 :(segitiga.cs)
1. buat class baru bernama BiodataInputOutputTryParse
2.didalam class BiodataInputOutputTryParse{disini}isikan beberapa method dan variable seperti dibawah
gmethod menuUtama(sebagai tampilan menu di console dan input pilihan dari key board)
public void menuUtama(){
Console.Write("\t\tmenu utama:\n1.segitiga\n2.biodata\n3.masukan pilihan:");
try { int.TryParse(Console.ReadLine(),out this.a); }
catch (Exception e) {
Console.WriteLine("input hanya angka");
Console.Clear();
this.menuUtama();
}
this.pil(a);
}
keterangan:
1. try { int.TryParse(Console.ReadLine(),out this.a); }
catch (Exception e) {
Console.WriteLine("input hanya angka");
Console.Clear();
this.menuUtama();
=>try catch digunakan agar tidak terjadi error saat inputan berupa huruf/selain angka
=>console.clear();membersihkan semua yg ditampilkan diconsole diatas sintax tersebut
2.int.TryParse(Console.ReadLine(),out this.a);=>mengubah inputan keyboard ke int lalu diinputkan
di variable a
3.this.pil(a);=>memanggil method pil dan menginputkan isi dari variable a
method pil(proses switch case)
private void pil(int newA) {
switch (newA) {
case 1:
Console.Clear();
seg.luas();
break;
case 2:
Console.Clear();
biodata.tanggalan();
biodata.setbiodata();
biodata.gettbiodata();
break;
default:
Console.WriteLine("data tidak ada");
break;
}
keterangan
private int a;
nilai newA berasal dari argumen saat method ini dipanggil
switch case:
-jika yg diinputkan 1 maka yg layar akan dibersihkan lalu akan menampilkan
segitiga
-jika yg diinputkan 2 maka yg layar akan dibersihkan lalu akan menampilkan
biodata
-selain 2 itu akan menampilkan data tidak ada
source code keseluruhan
using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
namespace PraktikumCSharp2
{
class menuutama
{
private int a;
private BiodataInputOutputTryParse biodata = new BiodataInputOutputTryParse();
private Segitiga seg = new Segitiga();
public void menuUtama(){
Console.Write("\t\tmenu utama:\n1.segitiga\n2.biodata\n3.masukan pilihan:");
try { int.TryParse(Console.ReadLine(),out this.a); }
catch (Exception e) {
Console.WriteLine("input hanya angka");
Console.Clear();
this.menuUtama();
}
this.pil(a);
}
private void pil(int newA) {
switch (newA) {
case 1:
Console.Clear();
seg.luas();
break;
case 2:
Console.Clear();
biodata.tanggalan();
biodata.setbiodata();
biodata.gettbiodata();
break;
default:
Console.WriteLine("data tidak ada");
break;
}
}
}
}
program.cs
hapus semua object dan semua method lalu buat object baru dari menuutama
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;
using System.Threading.Tasks;
namespace PraktikumCSharp2
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
menuutama a = new menuutama();
a.menuUtama();
Console.Read();
}
}
}
keterangan:
menuutama a = new menuutama();//pembangunan object a dari class menuutama();
a.menuUtama();//memanggil method menuUtama dari object a
Console.Read();
output final:
jika anda males buat ini mentahannya atau matengannya
nah kurang lebih nya begini terimakasih
1.varible adalah tempat penampungan data yg bersifat sementara dan dapat diubah nilai didalamnya
2.varible memiliki tipe data yg menentukan jenis data yg boleh diinputkan
3.jenis tipedata:
- alfabetik(string,char,dll)
- contoh:String nama="kiki";
- keterangan:tipedata alfabetik tidak dapat diberikan operasi hitung
- numerik(int,float,double,dll)
- contoh:int a=1;
- keterangan:tipe data ini dapat diberi operasi matematika
- logika(boolean)
- contoh=boolean a=true
- keterangan:dapat digunakan untuk operasi logika(and,or,Xor,dll)
4.tryparse adalah cara menconvert tipe data ke tipe data numerik
5.tryparse biasa dimanfaatkan saat kita menginputkan data dari keyboard karena inputan dari keyboard awalnya dianggap sebagai string karena itu digunakan tryparse untuk menconvernya
nah sekarang kita akan mempraktikan tryparse di sebuah program:
tampilan nantinya:
how to make it:
part1 :(segitiga.cs)
- buka visual studio anda,klik new project
- pilih console aplication,dan beri nama dengan praktikumCsharp2
- buat class baru dengan nama segitiga.cs
3.isikan sepeti ini(isi dari file segitiga.cs) - penjelasan:
- buka program.cs
- isikan di static void main() dengan segitiga a = new segitiga(); a.luas();
- penjelasan:
- hasil output:
1. buat class baru bernama BiodataInputOutputTryParse
2.didalam class BiodataInputOutputTryParse{disini}isikan beberapa method dan variable seperti dibawah
- deklarasi variable global
- method tanggalan
- method setbiodata(digunakan untuk menginputkan data dari keyboard ke variable)
- method usia(digunakan untuk menghitung umur yg didapat dari variable (tanggal,bulan,tahun) dikurangi(tanggallahir,tahunlahir,bulanlahir) lalu mengembalikan hasilnya yg telah ditampung
di variable umur))
- method getbiodata(menampilkan data yg telah di set)
- source code keseluruhan
-
pemanggilan class biodata di class program dilakukan dengan menbuat object di class program
tepatnya di static void main(),contohnya sbb
- penjelasan
- output:
nb:jika dilihat tampilan masih acak acakan karena itu kita akan membuat nya lebih baikpart 3:menuutama.cs1.buat class bernama menuutama.cs2.didalam class menuutama.cs buat variable global dan 2 method
- global variable
output final:
jika anda males buat ini mentahannya atau matengannya
nah kurang lebih nya begini terimakasih
ASP.NET(variable &input output tryparse)